5 Cara Merawat Baju Sablon agar Tetap Awet

merawat-baju-sablon

Siapa yang tidak ingin terlihat keren dengan baju sablon yang kita pakai? Tentu setiap orang menginginkan baju yang dipakainya terlihat keren. Pasalnya hal ini bisa membuat seseorang lebih percaya diri saat memakainya. Tak jarang biasanya baju yang keren memiliki desain yang keren pula. Bisa dengan gambar-gambar atau tulisan-tulisan. Apalagi kalau desain yang dipakai adalah hasil keinginan sendiri, pasti akan nambah nilai percaya diri bukan?

Namun, barang apapun kalau sudah terpakai beberapa kali tentu akan tidak terlihat lusuh dan tidak sekeren saat pertama kali pakai. Apalagi kalau jarang dirawat atau melakukan perawatan yang tidak benar, bisa-bisa baju kesayangan terpaksa tidak dipakai. Kalau sudah tidak terpakai kan sayang.

Cara Merawat Baju Sablon

Nah, buat Anda yang ingin baju sablon kesayangan selalu terlihat keren dan bagus ada beberapa cara merawat baju sablon agar tetap awet lho. Apa saja itu? Berikut di antaranya:

Saat Mencuci Baju

Mencuci baju sablon bisa dilakukan dengan merendam kaos sesuai dengan kategori warna dalam detergen secukupnya. Setelah sekitar 15 menit, Anda bisa kucek seperlunya terus dibilas untuk kemudian dijemur. Pastikan kaos tidak terkena matahari langsung dan jemur dalam keadaan terbalik agar warna sablon tetap awet.

Menjemur Kaos dengan Dibalik

Tahukah Anda bahwa sinar matahari berlebih dapat mengakibatkan warna kaos dan sablon anda memudar. Untuk mencegahnya jemur kaos Anda dengan posisi terbalik. Bagian dalam menghadap luar, dan bagian yang bersablon di dalam.

Jangan Digantung

Baju yang sudah Anda cuci dengan benar, jangan dijemur menggunakan hanger saat baju Anda masih dalam keadaan basah. hal ini disebabkan air yang tersimpan dalam kaos struktur benangnya akan tertarik oleh gravitasi karena air masih dalam kaos basah sehingga leher kaos cepat melar karena menahan beban air yang ada dalam kaos basah. Semakin elastis kaos semakin membutuhkan perawatan lebih. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Penggunaan Setrika

Agar kaos Anda awet, sebaiknya selalu setrika setelah dicuci-jemur. Pastikan menyetrika baju dalam keadaan kering. Pada saat menyetrika, bagian kaos yang ber-sablon harus selalu dibalik atau berada di bagian dalam. Jangan menyetrika langsung ke bagian yang bersablon, karena dapat merusak sablon Anda secara langsung (baik itu manual maupun digital).

Setrikalah dengan panas sedang dan jangan dalam keadaan dilipat. Ada beberapa orang yang menyetrika kaos sambil melipatnya, padahal ini nggak dianjurkan lho. Soalnya, kalau kamu menyetrika kaos dalam keadaan dilipat akan merusah serat kain yang membuat kaos jadi cepat lusuh.

Pakai Seperlunya dan Penyimpanan yang baik

Sebaiknya baju dipakai seperlunya atau di saat-saat penting saja. Setiap orang memiliki cara penyimpanan kaos yang beda-beda. Ada yang kaos hanya akan dilipat setelah dicuci, nanti saat akan dipakai baru akan disetrika. Kebiasaan seperti ini sebaiknya dihindari. Soalnya kaos yang dilipat dan disimpan tanpa di setrika akan membuat kaos cepat lusuh dan merusak sablon pada kaos. Dan jangan lupa, simpanlah pada tempat yang kering dan tidak lembab.

Baca juga: Memilih Tempat Sablon Kaos

Penutup

Merawat baju sablon kesayangan memang sangat diperlukan, selain membuatnya enak dipandang mata saat digunakan, juga akan membuatnya tahan lebih lama digunakan (awet). Terima kasih, salam. [Sablon Kaos]

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.