Tahukah Anda? Ini Fakta Sablon Rubber yang Jarang Diketahui

Fakta sablon rubber – Model kaos itu sangatlah beragam. Jika Anda bergelut dalam dunia sablon menyablon kaos, pasti Anda tidak asing lagi dengan yang nama model kaos satu ini. Namanya sablon rubber. Mungkin jika orang awam mendengar sablon rubber ini masih sangat asing. Pasalnya pembeli biasanya hanya melihat model kaos itu tanpa mengenali teknik apa yang digunakan.

fakta-sablon-rubber

Rubber merupakan sablon yang berbahan dasar karet, yang mempunyai kelebihan pada tingkat elastisitas dan kerapatan yang tinggi. Selain  itu juga bahannya fleksibel, cenderung awet dan bisa disetrika. Rubber ini juga biasanya bahan yang paling banyak digunakan para pengusaha sablon. Mungkin sebagian besar dari kita belum mengetahui secara detil tentang seluk beluk tinta sablon rubber.

Fakta Sablon Rubber

Berikut fakta-fakta apa saja yang terdapat dalam sablon rubber ini? Simak ulasannya berikut ini:

Punya Banyak Nama

Bagi beberapa tukang sablon kaos, terutama yang berada di daerah Jawa Barat, tinta rubber ini akrab disebut dengan tinta GL. Beberapa sabloners juga kerap memanggilnya cat GL, karet GL, pasta, dan lain sebagainya. Secara umum, tidak ada yang berbeda dengan yang lainnya. Sama-sama berkomposisi karet. Hanya mungkin kemampuan tiap supplier dalam meracik yang berbeda-beda membuatnya menjadi sedikit punya ciri khas antara produk supplier satu dengan yang lain.

Selalu Menemani Kaos

Siapa sih tukang sablon yang tidak kenal tinta sablon rubber? Hampir semua penyablon pasti menggunakan sablon rubber ini. Sehingga tangan para penyablon sudah tidak asing dengan sablon ini. Mengapa demikian? Ya jelas, karena sablon ini cenderung lebih awet dan elastis. Dalam proses pembuatan pun sangat sederhana dan tinta sablon rubber ini juga paling fleksibel. Begitupun dengan penggunaan sablon rubber yang tidak membutuhkan banyak peralatan dan paling efektif untuk produksi kaos dengan desain yang standar.

Bahan Utama Karet

Seperti namanya, tinta sablon rubber terbuat dari bahan utama karet (rubber) dengan hasil pencampuran dengan sedemikian rupa. Karena sablon ini dibuat dari bahan karet, maka jenis tinta sablon ini sifatnya menutup serat kain dan timbul. Sedangkan hasil dari tinta cat rubber tersebut akan membuat sablon kaos menjadi elastis.

Berbasis Air

Sablon Rubber sebenarnya berbasis air atau dalam istilah kerennya adalah water based. Sehingga faktanya, sablon rubber ini bersifat menyatu dengan air dan mampu diolah dengan campuran air. Air ini juga berfungsi sebagai pembersih dari sisa tinta saablon yang menempel pada screen.

Kualitas Ditentukan Supplier Tinta

Sebenarnya kualitas dari tinta sablon rubber ditentukan dari supplier tinta sablon kaos yang meracik dan menjual tinta sablon rubber, yang mana terkadang supplier ada yang tidak sesuai dengan kebutuhan tukang sablon. Hal ini bisa mengakibatkan perbedaan kualitas, seperti hasilnya ada yang tipis tapi menutup, ada juga yang tebal tapi kurang elastis, dan ada yang kualitas dari karetnya rendah sehingga membuat hasil sablon mudah luntur.

Dapat Digunakan pada Media Gelap

Selain karena bahannya yang elastis, tinta ini pun dapat berpengaruh pada permukaan tekstil yang berwarna gelap bahkan hitam sekalipun. Untuk sablon kaos gelap, dibutuhkan white base atau rubber berwarna putih murni. White base berfungsi untuk menutup atau melapis di atas lapisan serat kain sehingga warna selanjutnya bisa timbul di atasnya. Dalam melakukan hal ini, sangat diperlukan sekali tenaga khusus untuk mencampur tinta supaya sesuai dengan kelenturan bahan baju kaos yang hendak disablon supaya hasil sablon tahan lebih lama.

Baca juga: Cara memulai usaha konveksi

Penutup

Demikian tadi fakta-fakta sablon rubber. Jika anda ingin membuat sablon kaos murah berkualitas, kami menyediakannya dengan kualitas, layanan prima, dan harga kompetitif.

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.