4 Cara Menghapus Sablon di Baju Terbukti Ampuh dan Cepat

cara menghapus sablon di baju

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sablon? Ya, sablon biasanya mudah ditemukan pada bahan kaos. Sablon merupakan sebuah teknik untuk mencetak tinta pada bahan dengan tulisan atau gambar sesuai dengan keinginan. Setelah melalui proses cetak lalu bahan dikeringkan agar tinta sablon melekat pada kain. Karena proses inilah sablon sulit sekali untuk dihilangkan meskipun sudah dipakai dan dicuci berulang.

Seperti diketahui, kita tidak bisa melepas sablon baju dengan mudah. Ada beberapa cara khusus yang dapat dilakukan. Namun, sebelum Anda ingin menghapus sablon ini, Anda juga harus mengetahui jenis sablon yang digunakan dan jenis bahan pakaian dimana sablon menempel. Dengan mengetahui jenis sablon apa yang berada di baju, Anda dapat dengan mudah menghilangkannya. Kini, banyak jenis sablon yang ditawarkan seperti rubber (sablon karet), plastisol, pigmen, flocking, glitter, poliflex dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak jenis sablon, yang paling banyak digunakan adalah jenis poliflex.

Cara Menghapus Sablon di Baju

Dalam artikel ini akan dibahas empat cara ampuh dan terbukti menghapus sablon di baju untuk segala jenis sablon. Cara-cara menghilangkan sablon di baju ini bisa digunakan pada semua jenis pakaian seperti kaos, jaket, baju, jersey, tas kanvas, kemeja, jilbab, sweater dan topi. Sedangkan untuk sablon yang ada di gelas kaca dan plastik, cukup menggunakan bensin dan dikerok dengan pisau. Namun, sebelum eksekusi Anda harus melakukan pengetesan terlebih dahulu ya, untuk mengetahui reaksi bahan kaos terhadap bahan yang digunakan.

Menggunakan Setrika

Kebanyakan orang ketika menyetrika pakaian seperti kaos jersey atau jaket, pasti akan menghindari bagian sablon. Alasannya khawatir sablon akan rusak ketika terkena panas tinggi. Nah, jika Anda ingin menghilangkan sablon dapat memanfaatkan cara ini lho. Cara menghilangkan sablon dengan setrika ini paling disarankan karena tidak terlalu beresiko. Alat alat yang dibutuhkan juga pasti dimiliki setiap rumah tangga. Alternatif lain yang dapat dicoba adalah menggunakan hair dryer dan catokan rambut.

Siapkan satu kain kering yang nanti ditaruh di antara sablon dan setrika, dengan begini sablon karet tidak akan menempel di setrika. Untuk mengurangi kelengketan sablon, Anda bisa pakai alkohol (alternatifnya minyak kayu putih). Sedangkan untuk membantu mengelupas sablon dari kaos bisa menggunakan pisau atau gunting.

Alat dan bahan yang bisa Anda gunakan kaos yang akan dihilangkan sablon, setrika, 2 buah kain kering, alkohol dan pisau atau gunting. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Panaskan setrika selama kurang lebih 3-5 menit, pengaturan panas sesuai dengan bahan dari baju dimana sablon menempel
  • Taruh kaos di tempat yang datar dengan sablonan menghadap atas, lebih baik dilakukan di papan setrika.
  • Masukkan kain kering yang agak tebal ke dalam kaos, tujuannya agar nanti tidak mempengaruhi sisi kaos lain.
  • Taruh kain kering kedua di atas sablon, tempelkan setrika yang sudah panas selama beberapa detik
  • Ambil kain kering, oleskan alkohol secara merata pada sablon selagi panas
  • Sablon akan terlihat mengerut dan pecah pecah, cobalah untuk menarik sablon agar terkelupas (mulai dari pinggir). Gunakan pisau sebagai alat bantu
  • Ulangi proses langkah 4 – 6 beberapa kali hingga semua sablon terkelupas
  • Oleskan alkohol di bagian bekas sablon untuk menghilangkan lem yang tersisa, gosok dengan kain kering
  • Langkah terakhir adalah mencuci pakaian seperti biasa untuk melarutkan alkohol dan sisa sablon

Menggunakan Bensin

Beberapa orang sudah membuktikan keampuhan cara menghilangkan sablon dengan bensin. Bahan bakar lain seperti pertalite, pertamax, minyak tanah bahkan minyak kayu putih pun bisa dipakai. Cara ini mungkin tidak seefektif penggunaan setrika, apalagi jika sablon menempel sangat kuat. Alat dan bahan yang digunakan adalah baju dengan sablon yang akan dihapus, bensin, 2 buah kain kering dan gunting atau pisau. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama balik kaos, ingat ingat dimana letak sablon
  • Taruh kain kering di dalam kaos agar bensin tidak rembes kemana mana
  • Oleskan bensin tepat bagian belakang sablon
  • Diamkan sebentar sampai bensin kering
  • Cobalah untuk mengelupas sablon menggunakan pisau/ gunting
  • Ulangi proses 3 – 5 jika sablon belum bisa terkelupas sepenuhnya
  • Cuci kaos hingga bersih, tambahkan banyak pewangi agar bau bensin hilang

Menggunakan Cairan M3 (M Tiga)

Salah satu cara melepas sablon di baju secara kimia yang paling populer adalah pakai cairan M3 (Solvent Based). Larutan kimia ini mirip dengan thinner (pelarut) namun digunakan dalam proses sablon. Anda bisa membelinya di toko perlengkapan alat sablon ataupun membelinya secara online.

Cairan M3 dapat memudarkan warna sablon, jadi perlu hati hati agar tidak terkena sablon yang ingin dipertahankan. Sebelum menghilangkan sablon dengan M3 disarankan untuk menggunakan masker agar uap tidak terhirup secara langsung. Jangan sampai kulit Anda terkena cairan M3 secara langsung karena dapat menyebabkan iritasi dan gatal gatal.

Alat dan bahan yang digunakan untuk menghilangkan sablon dengan menggunakan cairan M3 adalah baju yang akan dihilangkan sablon, cairan M3, 2 buah kain kering dan pisau atau gunting. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Taruh kaos ditempat yang datar, bisa di meja ataupun lantai, sablon menghadap ke atas
  • Masukkan kain kering di dalam kaos untuk mencegah m3 rembes ke sisi lain
  • Ambil kain kering lain, basahi dengan cairan m3
  • Usapkan kain basah ke bagian sablon yang ingin dikelupas
  • Diamkan beberapa saat agar terjadi reaksi antara m3 dan sablon
  • Ketika terlihat mengkerut, gunakan pisau untuk melepas sablon
  • Ulangi proses 3 – 6 beberapa kali sampai sablon dapat dikelupas semua
  • Langkah terakhir cara menghilangkan sablon di kaos adalah dengan mencucinya. Lakukan beberapa kali bilas agar 100% bersih. Jangan sampai ada sisa M3 karena bisa bikin gatal gatal.

Menggunakan Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian terkenal sebagai perontok noda membandel yang sangat ampuh. Dan percaya atau tidak, penggunaan pemutih dapat melunturkan gambar sablon di kaos. Dari sini kita dapat ide menghilangkan sablon dengan pemutih. Cara ini cuma bisa dipakai pada kaos putih, tidak bisa untuk kaos hitam dan warna lain. Perlu diperhatikan, bagi yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menggunakan sarung tangan karet.

Alat dan bahan yang digunakan adalah kaos putih yang akan dihapus sablonnya, pemutih pakaian, detergen dan air panas. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Masukkan air panas ke dalam ember, pastikan air cukup untuk merendam kaos
  • Tambahkan satu genggam detergen dan pemutih pakaian 100 ml, aduk agar semua bahan larut
  • Oleskan pemutih pada sablon lalu rendam kaos ke dalam air, diamkan sekitar 5 menit
  • Kucek kucek kaos terutama bagian bersablon. Coba untuk melepaskan sablon dengan kuku, jika belum oleskan pemutih dan rendam kembali
  • Ulangi tahap 3 – 4 hingga sablon bisa terlepas
  • Cuci kaos putih seperti biasa hingga bersih

Demikianlah tips dari sablonkaosmksr, bagi anda yang ingin menghpaus sablon di baju. Oh ya, jika anda berminat untuk membuat sablon kaos yang super keren, silahkan hubungi kami. Tersedia desain baju kaos keren dengan harga bersahabat.

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.